WhatsApp: +65 9822 2989
WeChat: +65 9822 2989

Blog

Apakah HIFU benar-benar merupakan pilihan facelift terbaik saat ini?

Apakah HIFU benar-benar merupakan pilihan facelift terbaik saat ini?

“Dokter, facelift HIFU yang saya alami sangat MENYAKITKAN, dan saya tidak ingin mengulanginya lagi!”

Beberapa tahun yang lalu selama praktik kulit dan estetik yang pernah saya lakukan, seperti itulah masukan yang sering dilontarkan pasien yang melakukan HIFU (high intensity focused ultrasound) untuk facelift.

Dan itu memang benar. HIFU DULU MEMANG menyakitkan. Tanyakan saja kepada siapa pun yang pernah melakukan Ulthera (perawatan yang populer dan efektif yang setara dengan HIFU dari AS) pada saat itu, dan sebagian dari mereka mungkin akan mengatakan bahwa perawatan tersebut lumayan menyakitkan.

Untunglah, HIFU sudah mengalami perbaikan yang begitu pesat dalam 4-5 tahun terakhir ini, dan sekarang jauh lebih nyaman.

Tetapi mengapa pilihan pertamanya tetap HIFU kalau itu menyakitkan?

Jawaban singkat: Karena alternatif lainnya JUGA invasif dan menyakitkan.

Untuk facelift anti penuaan, tujuan perawatan adalah untuk memulihkan kekencangan dan elastisitas kulit. Penuaan menyebabkan hilangnya kolagen dan kulit wajah menjadi kendur dan keriput, dan inilah masalah utama yang ingin kami atasi. Akan tetapi, mari kita lihat opsinya:

 

Opsi #1: Facelift dengan pembedahan (paling invasif)

Harus dilakukan oleh dokter bedah plastik yang terlatih dan berpengalaman. Walaupun hasilnya sering kali lebih hebat daripada threadlift dan HIFU, tetapi facelift dengan operasi pembedahan ini sangat mahal dan ada risiko operasi standar dan kemungkinan komplikasi. Selain itu pada umumnya orang tidak suka wajahnya dikoyak-koyak dengan pisau bedah.

facelift surgery indonesia
Bukan pilihan mainstream

Harga tipikal di Singapura: $6000 sampai $13000

 

Opsi #2: Insersi threadlift (masih invasif)

Ini dilakukan melalui insersi serangkaian thread pembedahan di wajah, misalnya jarum PDO yang akan melesap seiring waktu. Pilihan ini dilakukan dengan secara fisik mengangkat kulit pada wajah dan menstimulasi sintesis kolagen dengan thread. Downtime karena pembengkakan dan memar selama beberapa hari berikutnya sudah lazim terjadi. Selain itu ada kemungkinan terjadi komplikasi Haematoma (pembekuan darah besar dan memar) dan infeksi.

Threadlift needle insertion
Ya, keseluruhan jarum itu akan dimasukkan ke wajah.
Haematoma
Beginilah penampilan Haematoma.

Threadlift akan memberikan hasil seketika yang luar biasa jika dilakukan oleh dokter berpengalaman.

Walaupun demikian banyak pasien masih mendapatinya invasif dengan downtime.

Harga tipikal di Singapura: $3000 sampai $5000

 

Opsi #3: Facelift HIFU (non-invasif)

HIFU memberikan energi ultrasound terfokus dengan intensitas tinggi ke dalam bidang dalam (~4,5 mm) di wajah, menarget jaringan SMAS (sistem muskulo-aponeurotik superfisial) wajah, mengakibatkan terjadinya titik-titik fokal kontraksi untuk hasil facelift. Kenyataannya, jaringan SMAS ini juga merupakan bidang jaringan yang sama dengan yang ditarget selama facelift pembedahan.

hifu
HIFU menembus langsung ke lapisan SMAS di tempat yang paling efektif untuk skin lifting.
HIFU diagram

Berikut ini adalah salah satu pasien yang datang kepada saya untuk melakukan HIFU minggu lalu:

Perbandingan Opsi Facelift

Facelift dengan Pembedahan (Paling Invasif) Pro Utama

  • Hasilnya menakjubkan jika dibandingkan dengan HIFU dan threadlift
Kon Utama

  • Risiko pembedahan standar & komplikasi
  • Mungkin terjadinya parut
Durasi hasil

  • Bisa berlangsung beberapa tahun
Threadlift (Masih invasif) Pro Utama

  • Hasilnya seketika
Kon Utama

  • Jarum
  • Downtime akibat pembengkakan dan memar
  • Kemungkinan akan terjadinya Haematoma dan infeksi
Durasi hasil

  • Dapat berlangsung 1-2 tahun
HIFU (Non-invasif) Pro Utama

  • Tanpa jarum
  • Tanpa downtime
  • Efek sampingnya minimal
  • Semakin nyaman akhir-akhir ini
Kon Utama

  • Hasilnya bertahap sekitar 6-8 minggu
Durasi hasil

  • Biasanya berlangsung 9-12 bulan

Dibandingkan dengan opsi #1 dan #2 yang dua-duanya INVASIF, SAKIT dengan DOWNTIME, HIFU merupakan alternatif yang disukai karena tidak melibatkan jarum. Karena opsi ini hanya menggunakan aplikator kartridge ultrasound di seluruh wajah sebagai pengganti jarum, maka memar, pembengkakan, rasa sakit, dan downtime yang Anda alami juga tidak terlalu banyak.

Tunggu, dokter, TENTUNYA HIFU tidak mungkin sebagus itu, kan?

Sebetulnya, HIFU MEMANG sebagus itu dan hasilnya terlihat nyata. Akan tetapi, hasil HIFU TIDAK SEKETIKA.

Ketika menyodorkan HIFU sebagai SATU-SATUNYA perawatan facelift yang harus diambil, sebagian klinik dengan sengaja tidak memberikan penjelasan bahwa HIFU dapat berlangsung hingga 6 atau 8 minggu untuk melihat hasilnya. Jika Anda menginginkan hasil seketika tetapi dapat bertoleransi atas masuknya beberapa jarum ke dalam wajah, maka threadlifting merupakan pilihan yang lebih baik daripada HIFU.

Alasan mengapa HIFU memerlukan waktu yang lebih lama untuk melihat hasilnya adalah karena HIFU menembus dalam di dalam kulit untuk menstimulasi produksi alami kolagen SECARA BERTAHAP. Ini berarti bahwa hasil HIFU, walaupun bertahap, akan terlihat lebih alami. Bahkan hasilnya akan menghilang secara bertahap hingga sekitar 9-12 bulan.

Kalau Anda pernah mendengar seseorang mengatakan bahwa dengan HIFU hasilnya lebih cepat, jangan buru-buru percaya karena hal itu tidak benar.

Cara pilihan saya dalam melakukan HIFU

Secara pribadi, saya lebih suka menggunakan suntikan HIFU dan metode vectoring tertentu (yaitu sudut suntikan). Sebagian pasien saya tampaknya menyangka saya melakukannya untuk memastikan hasil yang lebih cepat. Sebetulnya bukan itu.

Metode ini telah dikembangkan selama bertahun-tahun untuk memastikan bahwa efek HIFU lebih kuat, tetapi masih diperlukan beberapa waktu lagi untuk melihat hasil yang bagus.

Jika Anda bersedia menunggu agak lama untuk melihat hasil facelift yang bagus tanpa jarum, tanpa downtime, dan hampir tanpa efek samping, saya sangat merekomendasikan HIFU sebagai pilihan pertama untuk facelift.

 

Ingin membahas lebih banyak tentang HIFU?

Silakan menghubungi saya melalui WhatsApp atau WeChat kapan saja di nomor +65 9822 2989. Anda juga dapat mengirim email kepada saya di askdrdavid@onefaceclinic.com.

Salam sehat,
Dr David Ng C. H.

Feel free to WhatsApp or WeChat me at:
+65 9822 2989.

You can also email me at:
askdrdavid@onefaceclinic.com.


Cheers!
Dr David Ng C H
×
Hello!
How may we assist you?